Senin, 01 Mei 2023

SDN 2 Tuko Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

SDN 2 Tuko Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 


Hari Pendidikan nasional merupakan hari nasional. Namun hari Pendidikan nasional ini bukan hari libur. Hari Pendidikan Nasional ditetapkan oleh pemerintah melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.


Ki Hajar Dewantara itu tokoh pelopor pendidikan Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa. Beliau lahir pada 02 Mei 1889, kadipaten Paku Alaman, Yogyakarta.

Pada era kolonialisme Belanda, beliau dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan. 


Kemudian Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, Tut Wuri Handayani ("di belakang memberi dorongan"), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. 

Pada tanggal 26 April 1959, beliau wafat. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia. Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya. 


Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, maka SDN 2 Tuko melaksanakan kegiatan upacara.

Perayaan hari ulang tahun pada tahun ini merupakan salah satu cara dalam motivasi kepada guru dan pelajar.


Mari kita jadikan peringatan HARDIKNAS ini sebagai momentum Peningkatan Mutu Pendidikan, dan memajukan kebudayaan untuk peringatan hari ini.

Pendidikan akan membentuk karakter sebuah Bangsa, jadikan semua tempat adalah tempat belajar dan semua orang adalah Guru.

Selamat hari Pendidikan Nasional 2 mei 2023 untuk guru, siswa, dan semua pihak yg perduli terhadap Pendidikan di Indonesia.


Tidak ada komentar: