Rabu, 22 Mei 2013

Analisis Jabatan PNS di Lingk.SD

CONTOH ANALISIS JABATAN GURU KELAS
SATUAN KERJA : DINAS PENDIDIKAN



IDENTITAS JABATAN

1. NAMA JABATAN : GURU KELAS
2. UNIT KERJA : UPTD PENDIDIKAN KEC. PULOKULON
3. SUB. UNIT : SD NEGERI 2 TUKO
4. IDENTITAS PEGAWAI :
4.1. Nama Pegawai :DEVINTA AGUNG SUSANTO, S.Pd.SD
4.2. Tempat/Tanggal lahir :Grobogan, 17 Desember 1981
4.3. Nomor Induk Pegawai :19811217 200604 1 006
4.4. Masa Kerja dalam Jabata :07 th 00 bln
4.5. Masa Kerja Keseluruhan :10 th 01 bln
4.6. Riwayat Pekerjaan : 1.Guru SD di SDN 3 Keyongan tahun 2006 s/d 2011
2.Guru SD di SDN 2 Tuko tahun 2011 s/d sekarang
4.7. Pangkat/Gol : Penata Muda / III a
4.8. Pendidikan : S1 PGSD
4.9. Kursus/Pelatihan :

5. RINGKASAN TUGAS JABATAN :
Menyusun program pengajaran, menyajikan program pengajaran, melaksanakan kegiatan evaluasi dan analisis hasil evaluasi belajar, penyusunan dan pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan, menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan yang menjadi tanggung jawabnya dan membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler.
6. URAIAN TUGAS/RINCIAN TUGAS JABATAN :
a. Tahapan penyusunan program pengajaran:
• Guru memperhatikan aspek fisik, sosial, intelektual dan karakteristik peserta didik untuk menetapkan strategi mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan belajar.
• Guru merancang dan menerapkan strategi pembelajaran dengan memperhatikan kebutuhan dan kekuatan belajar peserta didik yang didasari oleh keragaman bahasa, budaya, agama dan sosial.
• Guru menetapkan dan menerapkan berbagai strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar sesuai dengan tahapan perkembangan, pendekatan, dan kesempatan belajar peserta didik.
• Guru menetapkan aturan dan prosedur secara adil dan konsisten untuk mengatur perilaku peserta didik selama kegiatan pembelajaran dan melaksanakan aturan dan prosedur tersebut secara adil dan konsisten.
• Guru menumbuhkan perilaku positif pada peserta didik (kejujuran, integritas akademis, harga diri, menyayangi sesama teman, dan menghormati orang lain, toleransi, tanggung jawab pribadi, tidak mengolok-olok teman yang memiliki kekurangan fisik, dsb) dengan melibatkan peserta didik, orang tua, konseler, dan tenaga kependidikan lainnya.
• Menggunakan berbagai strategi untuk menghindari atau menghilangkan perilaku diskriminatif sehubungan dengan aspek fisik, intelektual, sosial, emosional, moral, gender, dan/ atau latar belakang sosial budaya peserta didik
• Guru menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai dengan karakteristik peserta didik dan memotivasi mereka untuk belajar.
• Guru menyusun dan menggunakan RPP sesuai dengan tujuan, karakteristik peserta didik dan lingkungan pembelajaran.
• Guru memilih, menyusun, dan menata materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
b. Tahapan menyajikan program pengajaran:
• Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap untuk mencapai standar kompetensi peserta didik
• Guru memberikan perhatian dan tanggapan terhadap semua pertanyaan dan masukan peserta didik dalam proses pembelajaran tanpa menginterupsi kecuali untuk mengklarifikasi dan mengkonfirmasi pertanyaan/tanggapan tersebut dalam rangka meningkatkan pemahaman peserta didik.
• Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) dalam proses pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
• Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau TIK yang sesuai dan tepat untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
• Guru menyampaikan informasi dan/atau berkomunikasi dengan menggunakan bahasa secara efektif, empatik dan santun dalam proses pembelajaran.
• Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
• Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri melalui pemberian kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara mandiri atau kelompok agar semua waktu belajar peserta dapat termanfaatkan secara produktif.
• Guru menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran (misalnya, pembelajaran kooperatif, pembelajaran tematik; pembelajar otentik; pembelajaran berbasis teknologi; pembelajaran inquiri, yang dipadukan dengan pembelajaran langsung seperti ceramah, latihan terbimbing, dan pemodelan) untuk peningkatan kemapuan peserta didik dalam menganalisis, mengatur informasi, mensintesis, memecahkan masalah, dan berpikir kretaif dan kritis.
• Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.
c. Tahapan melaksanakan kegiatan evaluasi dan analisis hasil evaluasi belajar:
• Guru memilih dan menyusun strategi dan metode penilaian yang sesuai dengan tujuan dan strategi pembelajaran untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP.
• Guru menggunakan beberapa strategi dan metode penilaian (informal dan formal, diagnostik, formative dan sumative)jenis teknik serta mengumumkan hasil dan implikasinya terhadap tingkat pemahaman materi ajar yang telah dan akan dipelajari peserta didik.
d. Tahapan menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan:
• Guru menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
• Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancanganuntuk memberikan umpan balik secara tepat waktu, efektif dan tepat bagi peserta didik tentang prestasi dan ketercapaian tujuan belajar . pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
• Memiliki catatan tentang pekerjaan, kemajuan belajar, keberhasilan peserta didik dan tangggung jawabnya untuk dikomunikasikan kepada peserta didik, orang tua, dan kepada teman guru lain.
e. Tahapan menyusun dan melaksanakan program bimbingan dan konseling di sekolah yang menjadi tanggung jawabnya:
• Peranan guru dalam bimbingan di sekolah dapat di bedakan menjadi dua, yaitu : (a) tugas dalam layanan bimbingan dalam kelas dan (b) di luar kelas.
1. Di dalam kelas, antara lain: Menyediakan kondisi dan kesempatan bagi setiap siswa untuk memperoleh hasil yang lebih baik, Mengusahakan siswa-siswa agar dapat memahami dirinya, kecakapan-kecakapan sikap, minat, dan pembawaannya, Mengembangkan sikap-sikap dasar bagi tingkah laku sosial yang baik, Melaksanakan kegiatan diagnostic kesulitan belajar, memberikan bantuan kapada siswa agar mereka paham terhadap dirinya dan lingkungannya serta pemecahan kesulitan yang mereka hadapi.
2. Di luar kelas, antara lain: Memberikan pengajaran perbaikan (remedial teaching), memberikan pengayaan dan pengembangan bakat siswa, melakukan kunjungan rumah (home visit), menyelenggarakan kelompok belajar.
f. Tahapan membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler:
• Mendata siswa mulai dari kelas 3 sampai dengan kelas 6 untuk memilih kegiatan ektrakurikuler sesuai dengan bakat dan minat.
• Melatih,membimbing siswa dalam melaksanakan kegiatan ektrakurikuler
• Memberi motivasi siswa untuk berani dan mau menunjukkan bakat serta keinginan yang tersimpan dalam dirinya,
• Mengevaluasi setiap akhir kegiatan.
• Mereflesi untuk perbaikan kegiatan selanjutnya.

7. BAHAN KERJA :
NO BAHAN KERJA PENGGUNAAN DALAM TUGAS
1 RPP dan Program Semester Panduan pelaksanaan dalam proses pembelajaran
2 Buku / Modul Bahan Ajar
3 Lembar Kerja Siswa Latihan Harian siswa
4 Absensi Siswa Mengabsen siswa setiap tatap muka proses pembelajaran
5 Daftar Nilai siswa Evaluasi ketercapaian hasil dalam proses pembelajaran
6 Analisis Pengayaan / Remedial Menganalisa ketercapaian hasil dalam proses pembelajaran
7 Agenda Harian Guru Mencatat kegiatan proses pembelajaran harian di dalam kelas
8 Analisis Daya Serap Semester Menganalisa ketercapaian hasil semester dalam proses pembelajaran

8. PERANGKAT/ALAT KERJA :
No Bahan Kerja Digunaan Dalam Tugas
1 Whiteboard Menulis materi pelajaran.
2 LCD Proyektor Menampilkan materi pelajaran
3 Laptop sarana pembelajaran untuk ditampilkan di LCD
4 Alat Peraga Media pembelajaran
5 Buku pelajaran Membantu proses pembelajaran
6 LKS evaluasi pembelajaran
9. HASIL KERJA :
No Hasil Kerja Satuan Hasil
1 Analisis Hasil Belajar Siswa Dokumen
2 Daftar Nilai Mid Semester Dokumen
3 Daftar Nilai Semester Dokumen
4 Analisis Daya Serap Semester Dokumen

10. TANGGUNG JAWAB :
a. Proses pembelajaran berjalan lancar
b. Kelengkapan dokumen administrasi proses pengajaran
c. Ketuntasan materi pelajaran
d. Ketercapaian KKM
e. Kerapian dan Keindahan dalam dan luar kelas terpelihara dan terjaga
f. Keterlaksanaan Program Tahunan
g. Keterlaksanaan KKM dalam Proses Pembelajaran

11. WEWENANG :
a. Menyampaikan materi pembelajaran.
b. Memberikan tugas kepada siswa
c. Menilai, menganalisis hasil kerja siswa
d. Memberikan teguran kepada siswa yang melanggar peraturan

12. KORELASI JABATAN :
No Jabatan Unit Kerja Instansi Dalam Hal
1 Kepala Sekolah SDN 2 Tuko Atasan langsung
2 Wali kelas SDN 2 Tuko Koordinasi langsung dan kerjasama

13. KONDISI LINGKUNGAN JABATAN :
No Aspek Faktor
1 Tempat Kerja dalam kelas
2 Suhu Sejuk
3 Udara Sejuk
4 Keadaan Ruangan Menyenangkan
5 Letak Strategis
6 Penerangan Normal
7 Suara Tenamg
8 Keadaan Tempat Kerja Bersih
9 Getaran Tidak ada getaran

14. KEMUNGKINAN RESIKO BAHAYA :
No Nama Penyakit/akibat terhadap fisik dan mental Penyebab
1
Punggung sakit Posisi duduk tidak ergonomis

15. SYARAT JABATAN :
15.1. PANGKAT/GOLONGAN RUANG
PANGKAT GOLONGAN
Penata Muda III/a

15.2. PENDIDIKAN
No PENDIDIKAN
1 S.1 /STRATA 1 (PGSD)

15.3. KETRAMPILAN KERJA
No KETRAMPILAN
1 kompeten dalam bidang keguruan

15.4. DIKLAT/KURSUS/PELATIHAN
NO JENIS DIKLAT/KURSUS/PELATIHAN
Penjenjangan (Untuk Struktural) Teknis (baik structural/fungsional/staf)
1


16. TEMPERAMEN KERJA :
No TEMPERAMEN KERJA
1. F Kemampuan menyesuaikan diri dengan kegiatan yang mengandung penafsiran perasaan, gagasan atau fakta dari sudut pandangan pribadi.
2. T Kemampuan menyesuaikan diri dengan situasi yang menghendaki pencapaian dengan tepat menurut perangkat batas, toleransi atau standar-standar tertentu
3. M Kemampuan menyesuaikan diri dengan kegiatan pengambilan keputusan, pembuatan pertimbangan, atau pembuatan keputusan berdasarkan kriteria yang diukur atau dapat diuji
4. V Kemampuan menyesuaikan diri untuk melaksanakan berbagai tugas, sering berganti dari tugas yang satu ke tugas yang lainnya yang berbeda sifatnya, tanpa kehilangan efisiensi dan ketenangan diri.

17. MINAT KERJA :
No MINAT KERJA
1 1e Menggunakan peralatan atau perlengkapan yang spesifik
2 1g Bekerja dengan objek nyata
3 2a Melakukan penelitian
4 3d Melakukan pemikiran kreatif
5 4a Menjalin hubungan dengan orang lain
6 4b kegiatan-kegiatan yang sifatnya sukarela/sosial
7 5a Kegiatan yang menantang atau melibatkan pengambilan resiko
8 5c Memiliki potensi untuk berkembang


18. KONDISI FISIK :
No JENIS KELAMIN DAN USIA
1 Laki-laki / Perempuan 21-35 th sehat jasmani dan rohani

19. KEBUTUHAN PEGAWAI :
NO JENIS TENAGA PEGAWAI YANG DIBUTUHKAN
Jenis Jabatan Alasan / penjelasan



20. BUTIR INFORMASI LAIN :


                                                                                          Pulokulon, 15 Mei 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah SD N 2 Tuko                                                Yang Membuat
Kecamatan Pulokulon



SIH HERMIYATI, S.Pd                                                         DEVINTA AGUNG S, S.Pd.SD
NIP 19580630 198405 2 001                                                 NIP 19811217 200604 1 006



CONTOH ANALISIS JABATAN PENJAGA SEKOLAH
SATUAN KERJA : DINAS PENDIDIKAN


IDENTITAS JABATAN

1. NAMA JABATAN : PENJAGA SEKOLAH
2. UNIT KERJA : UPTD PENDIDIKAN KEC. PULOKULON
3. SUB. UNIT : SD NEGERI 2 TUKO
4. IDENTITAS PEGAWAI :
4.1. Nama Pegawai : DJAMIL, S.Pd
4.2. Tempat/Tanggal lahir : Grobogan, 31 Desember 1958
4.3. Nomor Induk Pegawai : 19571231 198011 1 025
4.4. Masa Kerja dalam Jabatan : th bln
4.5. Masa Kerja Keseluruhan : 32 th 07 bln
4.6. Riwayat Pekerjaan : 1. Penjaga SD di SDN 2 Tuko tahun 1980 s/d sekarang

4.7. Pangkat/Gol : Pengatur Tingkat I / II d
4.8. Pendidikan : KPG
4.9. Kursus/Pelatihan :

5. RINGKASAN TUGAS JABATAN :
Mengawasi dan melaksanakan tugas pengamanan lingkungan dan barang-barang milik sekolah, serta bekerjasama dengan dinas terkait apabila ada masalah keamanan
6. URAIAN TUGAS/RINCIAN TUGAS JABATAN :
a. Melaksanakan tugas pengamanan sekolah
b. Memonitor lingkungan sekolah sebanyak 3 (tiga) kali :
• Setelah bel masuk dibunyikan, petugas berkeliling sekolah untuk memastikan bahwa seluruh siswa sudah masuk kelas
• Setelah bel istirahat berakhir, petugas berkeliling sekolah untuk memastikan bahwa seluruh siswa sudah masuk kelas
• Setelah bel pulang, petugas berkeliling sekolah untuk terakhir kali untuk memastikan bahwa kondisi lingkunan sekolah aman
c. Mengawasi dan menjaga keamanan lahan parkir sekolah
d. Memelihara dan menjaga barang-barang milik sekolah
e. Bekerjama dengan dinas terkait apabila ada masalah keamanan yang tidak dapat dilakukan secara internal atau sudah terjadi perbuatan melanggar hukum

7. BAHAN KERJA :
NO BAHAN KERJA PENGGUNAAN DALAM TUGAS



8. PERANGKAT/ALAT KERJA :
No Bahan Kerja Digunaan Dalam Tugas
1 Sapu dan alat kebersihan sejenis : Melaksanakan kebersihan lingkungan sekolah
2 Cangkul dan sabit : Pemeliharaan kebun dan halaman sekolah
3 Rak piring dan lemari : Penyimpanan perkakas makan dan minum
4 Gelas, piring, sendok, kompor gas : Penyediaan konsumsi/makan minum kegiatan

9. HASIL KERJA :
No Hasil Kerja Satuan Hasil
1 Perawatan peralatan makan minum: Unit
2 Perawatan kebersihan lingkungan sekolah:
3 Terjaganya keamanan lingkungan sekolah :


10. TANGGUNG JAWAB :
a. Mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif dan menyenangkan.
b. Kerapian dan Keindahan dalam dan luar kelas terpelihara dan terjaga
c. Keterlaksanaan Program kebersihan, keindahan, keamanan dan ketertiban lingkungan sekolah

11. WEWENANG :
a. Melaksanakan kewajiban dan peranannya sebagai penjaga guna mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang aman, tertib, bersih, sehat, nyaman dan indah.

12. KORELASI JABATAN :
No Jabatan Unit Kerja Instansi Dalam Hal
1 Kepala Sekolah SDN 2 Tuko Pelaksanaan tugas, koordinasi langsung dan pelaporan
2 Wali kelas SDN 2 Tuko Koordinasi langsung dan kerjasama

13. KONDISI LINGKUNGAN JABATAN :
No Aspek Faktor
1 Tempat Kerja Lingkungan dalam sekolah
2 Suhu sedang
3 Udara sedang
4 Keadaan Ruangan Cukup
5 Letak Strategis
6 Penerangan Normal
7 Keadaan Tempat Kerja Bersih

14. KEMUNGKINAN RESIKO BAHAYA :
No Nama Penyakit/akibat terhadap fisik dan mental Penyebab
1 Pergelangan tangan, kaki, dan Punggung sakit Kejenuhan Karena melakukan pekerjaan yang sama setiap hari


15. SYARAT JABATAN :
15.1. PANGKAT/GOLONGAN RUANG
PANGKAT GOLONGAN
Juru Muda I/a

15.2. PENDIDIKAN
No PENDIDIKAN
1 SMP atau sederajat

15.3. KETRAMPILAN KERJA
No KETRAMPILAN
1 kompeten dalam bidang keamanan, kebersihan sekolah
2 dapat berkomunikasi dengan guru dan kepala sekolah sebagai atasan langsung dengan baik

15.4. DIKLAT/KURSUS/PELATIHAN
NO JENIS DIKLAT/KURSUS/PELATIHAN
Penjenjangan (Untuk Struktural) Teknis (baik structural/fungsional/staf)



16. TEMPERAMEN KERJA :
No TEMPERAMEN KERJA
1 F Kemampuan menyesuaikan diri dengan kegiatan yang mengandung penafsiran perasaan, gagasan atau fakta dari sudut pandangan pribadi..
2 T Kemampuan menyesuaikan diri dengan situasi yang menghendaki pencapaian dengan tepat menurut perangkat batas, toleransi atau standar-standar tertentu
3 M Kemampuan menyesuaikan diri dengan kegiatan pengambilan keputusan, pembuatan pertimbangan, atau pembuatan keputusan berdasarkan kriteria yang diukur atau dapat diuji
4 V Kemampuan menyesuaikan diri untuk melaksanakan berbagai tugas, sering berganti dari tugas yang satu ke tugas yang lainnya yang berbeda sifatnya, tanpa kehilangan efisiensi dan ketenangan diri.

17. MINAT KERJA :
No MINAT KERJA
1 1e Menggunakan peralatan atau perlengkapan yang spesifik
2 1g Bekerja dengan objek nyata
3 4a Menjalin hubungan dengan orang lain
4 4b kegiatan-kegiatan yang sifatnya sukarela/sosial


18. KONDISI FISIK :
No JENIS KELAMIN DAN USIA
1 Laki-laki 21-35 th sehat jasmani dan rohani

19. KEBUTUHAN PEGAWAI :
NO JENIS TENAGA PEGAWAI YANG DIBUTUHKAN
Jenis Jabatan Alasan / penjelasan



20. BUTIR INFORMASI LAIN :



                                                                                                           Pulokulon, 15 Mei 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah SD N 2 Tuko                                                                 Yang Membuat
Kecamatan Pulokulon



SIH HERMIYATI, S.Pd                                                                           DJAMIL
NIP 19580630 198405 2 001                                                                   NIP 19581231 198011 1 005

Tidak ada komentar: